Rabu, 31 Agustus 2011

Galatia 5:5


Iman bekerja oleh Kasih Yesus Kristus.
Galatia 5 : 5
Mari kita besatu dalam Doa
Allah Bapa yang baik yang kami sembah melalui PutraMu Yesus Kristus, Tuhan kami, terimakasih kami panjat dimana Tuhan masih menyertai kami hingga kami dapat menikmati  Anugerah Tuhan di pagi hari ini. Sebelum kami melakukan segala aktifitas kami dalam satu hari ini, kami mau mendengarkan FirmanMu yang akan mengarahkan,dan  membinmbing kami dalam menjalankan aktifitas kami dengan penuh sukacita yang dariMu. Urapi hati dan pikiran kami dengan Rohul KudusMu, agar kami dapat mengerti akan arti FirmanMu  dalam kehidupank kami. Teriamkasih Allah Bapa dalam Yesus Kristus Tuhan kami. Amin
Saudara-saudara  pendengar setia RPK
Firman Tuhan bagi kita dalam satu hari ini terrtulis dalam Surat  Paulus ke jemaat Galatia  5: 5- 6

5:5 . sebab oleh Rh, dank arena iman, kita menatikan kebenaran yang kita harapkan.
5:6 Sebab bagi orang-orang yang ada di dalam Kristus Yesus hal bersunat atau tidak bersunat tidak mempunyai sesuatu arti, hanya iman yang bekerja oleh kasih.
5:7 Dahulu kamu berlomba dengan baik. Siapakah yang menghalang-halangi kamu, sehingga kamu tidak menuruti kebenaran lagi?
5:8 Ajakan untuk tidak menurutinya lagi bukan datang dari Dia, yang memanggil kamu.
5:9 Sedikit ragi sudah mengkhamirkan seluruh adonan.
5:10 Dalam Tuhan aku yakin tentang kamu, bahwa kamu tidak mempunyai pendirian lain dari pada pendirian ini. Tetapi barangsiapa yang mengacaukan kamu, ia akan menanggung hukumannya, siapa pun juga dia.
 Pendengar RPK yang terkasih Dalam Yesus Kristus !
Sejak ke-Kristenan ada di muka bumi, orang telah berdebat alasan apa yang membuat kita mengikut Kristus! Jika kita ingin masuk menjadi anggota club, kita harus membayar iuaran. Jika ingin dikenal sebagai sukarelawan, kita harus bekerja untuk itu.  Jika seorang Kristen,  kita harus masuk menjadi anggota gereja, dengan berbagai persyaratan yang berbeda.  Yang menjadi pertanyan bagi kita, apakah yang harus kita lakukan untuk menjadi seorang Kristen ?  Apakah yang membuat  orang Kristen sejati berbeda dari Kristen kebanyakan ? 
Dalam hal ini  Alkitab memberikan jawaban berbeda untuk pertanyaan, "apa yang harus kita lakukan untuk menjadi seorang Kristen." Jawaban Alkitab adalah: sama sekali tidak ada! sebab Kita   tidak membuat diri kita  seorang Kristen. . Tetapi  Kristuslah yang  membuat kita seorang Kristen. Kita tidak melakukan hal-hal tertentu untuk menjadi seorang pengikut Kristus.  Sebab Allah telah melakukan segalanya untuk membuat kita  tidak terikat untuk mematuhi persyaratan tertentu untuk menjadi seorang Kristen sejati dan menjadi  pewaris sejati dari sorga.. Sebaliknya, Paulus mengatakan Sauadara dalam renungan hari ini bahwa Kristus telah datang untuk kita secara  Gratis, dengan kedatangan Kristus ke duni ini kita  bebas dari dosa, dari kematian, dan dari segala persyaratan untuk mendapatkan bantuan Allah.. Karena Kristus telah berkorban , kita  tidak menjadi budak dari Hukum Taurat lagi, tetapi berdiri teguh dalam janji-janji Allah.
Paulus menulis surat ini kepada orang Kristen Galatia bertujuan untuk menguatkan iman kepercayaan mereka,  Karena anggota Jemaat gereja yang berada di Galatia pada waktu itu di hasut oleh orang-orang tertentu yang mengatakan bahwa keselamatan-pembenaran itu merupakan hasil dari perbuatan dan kesungguhan seseorang memelihara dan menuruti hukum taurat dan sunat.  Orang Kristen yang berlatarbelakang non Yahudi diharuskan untuk melaksanakan sunat. dan menjadikan jemaaat tersebut menjadi  budak Hukum Taurat.. Inilah yang menjadi masalah dan tantangan  besar bagi Jemaat Galatia. Yang menyebabkan  Orang Kristen yang  setia kepada Allah dan telah percayaan tentang kabar baik dan  Firman-Nya mulai ragu dalam iman. Keraguan yang dialami Jemaat Galatia adalah salah satu membuat keraguan banyak orang pada zaman mondren ini, dan sering bertanya : Apakah Allah benar-benar tidak memerlukan kita untuk melakukan sesuatu untuk pengampunan-Nya ? Apakah Allah tidak memiliki beberapa persyaratan bagi kita untuk memenuhi? Aliran tersebu juga mengatakan Tuhan tidak  benar-benar mengampuni dosa-dosa kita secara gratis,? menjawab segala tantangan tersebut maka"  Paulus mengatakan kepada jemaat Galatia tentang  janji Allah bahwa "karena kasih karunia kamu diselamatkan melalui iman - dan itu bukan hasil usahamu, tetapi pemberian Allah, bukan karena perbuatan." . Allah memberitahu kita bahwa pengampunan kita dan tempat kita di sorga hanyalah sebuah hadiah gratis melalui Kristus Juruselamat kita.
Pendengar RPK yang dikasihi Yesus Kristsu
Bagi  Paulus, perkara utama adalah iman yang bekerja melalui Kasih, dengan kata lain , inti Kekristenan bukanlah Hukum Taurat , melainkan hubungan pribadi dengan Yesus Kristus. Iman Kristen tidak dibangun  di atas dasar sebuah buku, melainkan di atas dasar pribadi manusia. Karena itu dinamika  iman Kristen bukanlah kepatuhan pada hukum Taurat melainkan hanya kasih pada Yesus Kristus (Gal. 2: 16). Itulah sebabnya Yakobus berkata “ iman tanpa perbuatan adalah mati” (Yak. 2 : 17)dari sini dapat kita ketahui bahwa Yakobus menekankan tentang perbuatan yang lahir dari iman. Dan Rasul Paulsu dengan tegas mengatakan “sekalipun aku dapat berkata-kata dengan semua bahasa manusia maupun bahasa malaikat, tetapi jika aku tidak mempunyai kasih, aku sama dengan gong yang berkumandang dan canang yang gemerincing.
 Pendengar RPK yang terkasih
Hal di atas dapat menjelaskan bagi kita  bahwa iman kepada Yesus Kristus adalah iman yang berkarya, yang berbuat, bukan hanya kata-kata. Sebab iman mengatur manusia untuk melakukan/mengerjakan sesuatu dengan penuh tanggungjawab. Melalui iman kepada Yesus Kristus kita dapat mengasihi, sebab kasih adalah tanggungjawab orang yang beriman kepada Yesus Kristus.  Mari kita tunjukkan iman kita  dari perbuatan-perbuatan kita, sebab iman bekerja sama dengan perbuatan-perbuatan dan oleh perbuatan-perbuatan itu menjadi sempurna (Yakobus 2 : 18+22). Kita orang percaya  harus yakin bahwa iman bertumbuh dapat dari  jika kita rajin mendengar Firmannya. Karena itu ada ayat yang terkenal yaitu dalam surat rasul Paulus kepada jemaat Roma 10 : 17 mengatakan, iman timbul oleh pendengaran dan pendengaran oleh Firman Kristus. Jadi jelas diterangkan iman timbul dari pendengaran bukan karena sunat.  Artinya   jika iman kita mau berkembang  dan bertumbuh, kita harus rajin mendengar Firman Tuhan dan membaca Alkitab.
Kalau kita terus-menerus mendengar Yesus melalui firmannya, maka timbullah iman dan akan semakin kuat. Jadi walaupun kita dibaptis, tidak otomatis bahwa dengan baptis itu iman kita bertumbuh, tetapi baptisan itu cuma awal, tetapi supaya iman itu bertumbuh, tidak ada jalan lain kecuali terus-terus mendengar Firman, membaca kitab suci. arti mendengar dalam  seluas-luasnya. Dan jika iman kita sudah bertumbuh dan kuat maka kita akan dapat melakukan  kebenaran yang sesuai dengan Firman Tuhan, bukan dengan kebenaran kita. Karena itu bukan melakuan hukum taurat dan sunatlah yang menentukan seseorang itu dapat dibenarkan melainkan hanya melalui Iman kita kepada Yesus Kristus, melalui Roh Kudus yang selalu bekerja dalam kehidupan kita. Tetapi mari kita buat Hukujm taurat itu menjadi cermin untuk melihat kesalahan kita dan menjadi Hukum Taurat menjadi rambu-rambu dalam kehidupan kita dalam menjalani hidup ini.
Pendengar RPK yang terkasih
Rasul Paulus memberi pendapat bahwa keselamatan dan pembenaran adalah hanya karena karya Allah Bapa melalui AnakNya Tuhan Yesus Kristus bukan karena sunat. Sebab sunat tidak punya arti bagi orang-orang yang ada di dalam Kristus (ayat. 6).  Maka sebagai orang yang telah diselamatkan, hiduplah dengan kasih dan berjalan di jalan yang satu yaitu dalam Yesus Kristus, sebab Tuhan Yesus Berkata “ Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorangpun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui aku. ( Yohanes 14:6). Dari ayat ini tegas mengatakan supaya kita jangan lagi takut karena tidak sunat, tetapi imanilah Yesus Kristus, sebab hanya dia yang berani menyatakan penyataan bahwa Yesus Kristuslah kita dapat di benarkan di hadapan Allah.
Pendengar RPK yang dikasihi Tuhan Yesus,
Kita hidup karena anugerah Allah. Kita diselamatkan dari kuasa dosa oleh karena kasih Allah. Kita dimerdekakan dalam Yesus Kristus. Maka sebagai orang yang dikasihi Allah, hiduplah dalam kasih, sebab kita sebagai umat percaya kita harus mengasihi Allah, dan jika kita mengasihi Allah kita juga harus menagsihi sesama manusia tanpa membedakan latarbelakang, suku, ras, dan agama. Sebab Allah telah lebih dahulu mengasihi kita melalui putranya Yesus Kristus. Karma setiap orang yang menerima kasih Kristus baginya diberi kuasa untuk mengasihi.  Dalam hal ini kita harus mengetahui  iman yang menyelamatkan adalah iman yang hidup kepada juruselamat yang hidup, iman yang begitu vital sehingga mau tidak mau akan menyatakan diri di dalam perbuatan kasih.. Sebab seseorang yang beriman akan mentaati seluruh perintah-perintah Allah (1 Yoh. 2 :3), dalam mentaati perintah-perintah Allah, nats di pagi hari ini menanyakan kita , apakah kita sudah mengasihi istri/suami, anak-anak dan saudara-saudara yang ada di sekitar kita, sebagaimana Allah telah mengasihi kita. Marilah kita jawab pertanyaan ini melalui iman  dan kasih karunia yang kita terima dari Allah.
Saudara-sauadar pendengar RPK yang dikasih Allah.
Firman Tuhan di pagi hari ini mengajak kita juga untuk  melakukan yang terbaik dalam hidup ini. Firman ini sudah jelas mengatakan bahwa apapun tidak lagi  menghalangi kita untuk berlomba dengan  baik. Sebab  kebenaran menjadi sesuatu yang langsung dinyatakan kepada kita tanpa halangan. Di dalam konsep inilah kita digairahkan untuk lebih dewasa dan tegas apabila ada ajakan untuk tidak menuruti perintah Allah yang mencoba-coba mengkhamirkan adonan.  Artinya kita  tidak mau lagi dikacaukan ajaran lain yang berbeda  dari pennyataan ini, yaitu bahwa iman bekerja oleh kasih. Dan marilah kita saling menagsihi di tengah-tengah dunia yang penuh perngumulan ini, itulah iman yang hidup dan mengasihi di dalam Tuhan kita Yesus Kritus. Amin.



Mari Kita Berdoa:
 Terima kasih Allah Bapa, yang telah menyapa kami pada hari ini agar kami hidup dalam kasih-Mu, hidup adil agar kami mendapat bagian dalam Kerajaan-Mu. Biarlah kami semakin berkenan dihadirat-Mu dengan hidup kudus dan adil sesuai kehendak-Mu. Bapa, dipagi ini kami datang kehadirat-Mu untuk menyampaikan permohonan kami, beri kami sukacita sepanjang hari ini, berkati hidup kami dan pekerjaan kami yang berkenan dihadapan-Mu sepanjang hari ini. Kami berdoa untuk setiap masalah pergumulan yang kamu hadapi, beri kami kekuatan dan jalan keluar dalam setiap masalah yang kami hadapi.
Kami juga berdoa bagi saudara-saudara kami yang tidak dapat bangun dari tempat tidurnya, karena penyakit yang dideritanya, sembuhkan Tuhan mereka dengan kuasa-Mu. Juga kami berdoa bagi saudara kami seiman yang terganggu beribadah oleh orang-orang yang tidak menginginkan kehadiran Kerajaan-Mu di negeri ini, biarlah Engkau yang melindungi, memberi kekuatan supaya mereka setia dalam imannya. Berkati negara kami, beri kami pemimpin yang bijaksana penuh dengan berkat Tuhan. Berkatilah kami dalam kesaksian kami dimanapun kami berada. Dalam nama Anak-Mu kami berdoa. Amin.









Tidak ada komentar:

Posting Komentar